Kamis, 13 Oktober 2016

Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Kesehatan

Peran ilmu kimia sangatlah luas dalam kehidupan manusia. Pengembangan material untuk bangunan, pengelolaan sumber daya alam, penanggulangan limbah, bahkan dan dalam bidang kesehatan. Ilmu kimia memiliki peran yang sangat penting dalam bidang kesehatan.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari, maka pada kesempatan kali ini kita akan berbicara mengenai peranan kimia dalam bidang kesehatan. Bidang kimia yang berhubungan langsung dengan bidang kesehatan ialah kimia organik dan biokimia. Kedua bidang ilmu kimia ini mempelajari senyawa-senyawa dalam makhluk hidup serta reaksi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup tersebut.
peran ilmu kimia dalam kesehatan
peran ilmu kimia dalam kesehatan
Ilmu kimia tentu saja akan sangat erat kaitannya dengan bidang kesehatan. Pemahaman mengenai reaksi-reaksi kimia adalah hal yang wajib diketahui oleh para tenaga medis dan kesehatan. Tak hanya itu, penyelesaian masalah-masalah kesehatan memerlukan analisis reaksi kimia organik yang kompleks dan pembuatan obat-obatan kimia membutuhkan kemampuan sintesis senyawa aktif dalam obat tersebut.
   

  • Untuk mengubah desain dan sintesis dari molekul kecil dalam organisme sehingga dapat berinteraksi dengan protein pada gen. Penelitian dan pengetahuan mengenai hal ini sangat diperlukan dalam mendesain obat-obatan untuk beragam penyakit. 
  • Mengembangkan penelitian mengenai tingkat racun berbagai senyawa. Penelitian mengenai ini sangat penting karena dapat memberikan data akurat mengenai sifat racun suatu senyawa, sehingga tidak terekpos ke dalam tubuh organisme terutama manusia
  • Mendukung dalam penelitian klinis menggunakan teknik-teknik kimia.
  • Mendesain obat-obatan yang dapat bekerja lebih efektif dari sebelumnya merupakan hal yang dipelajari dalam biokimia. 
  • Mengembangkan obat yang lebih selektif dan tepat sasaran untuk menyembuhkan penyakit. 
  • Menentukan metode sintesis baru yang lebih efektif dalam mebuat obat-obatan maupun senyawa antikuman. 

Dua bidang kimia yang akan berkaitan sangat erat dengan bidang kesehatan dan medisinal ialah kimia organik dan biokimia

4 komentar: